Zakat Itu Mudah

Zakat Itu Mudah

Category : Uncategorized

ZAKAT PENGHASILAN/PROFESI

Zakat penghasilan adalah bagian dari zakat maal yang wajib dikeluarkan yang berasal dari penghasilan/ pendapatan rutin dari profesi yang tidak melanggar syariah yang telah mencapai nishab.
Allah SWT berfirman:
” Wahai orang-orang yang beriman! Infakkanlah sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untukmu. Janganlah kamu memilih yang buruk untuk kamu keluarkan, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata (enggan) terhadapnya. Dan ketahuilah bahwa Allah Mahakaya, Maha Terpuji.” (SQ. Al-Baqarah: 267)

Menurut Yusuf Qadrawi zakat penghasilan sebaiknya digitung dari pendapatan kasar (brutto) untuk lebih menjaga kehati-hatian.

Nishab dan Waktu Zakat Profesi
Terdapat dua pendekatan untuk nishab dan waktu mengeluarkan zakat profesi, yaitu:

  1. Nishab dengan beras
    Atau pendekatanya seperti zakat pertanian. Yakni dengan nishab 5 wasaq. Yakni setara dengan 652,8 kilogram beras. Digunakan bagi mereka yang bekerja dengan sistem pembayaran per proyek.
  2. Nishab dengan emas
    Digunakan bagi mereka yang ingin menghitung zakat penghasilan dalam setahun. Perhitungan nishabnya menggunakan 85 gram emas 24 karat. Dapat dipakai untuk yang memiliki penghasilan tetap bulanan.

Jika telah memenuhi nishabnya, maka wajib mengeluarkan zakat profesi sebesar 2,5% dari penghasilan yang diterima.


Leave a Reply

Zakah Calculator

error: Konten terlindungi !!